Perluas Kepesertaan, BPJS Ketenagakerjaan Gandeng Kadin Kalteng

By Admin

nusakini.com--Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Palangka Raya menggandeng Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kalimantan Tengah.

Nota kesepahaman antara BPJS Ketenagakerjaan dengan Kadin itu ditandatangani di hadapan Gubernur Kalteng, Sugianto Sabran di sela Rapim Kadin di aula Jayang Tingang belum lama ini.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Hubungan Internasional Menteri Perdagangan Doddy Edward, Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani, Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Kalimantan Heru Prayitno dan Ketua Umum Kadin Kalteng, Tugiyo Wiratmodjo. 

MoU antara BPJS dengan Kadin ini dalam bentuk sinergi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Kerja sama meliputi sosialisasi penyelenggaraan program jaminan sosial ketenagakerjaan untuk memperluas kepesertaan. 

"Semua kerja sama yang kami jalin tentunya kami harapkan dapat didukung oleh semua pihak, terutama pada perusahaan," ujar Heru Prayitno. 

Heru berharap perlindungan bagi pekerja perusahaan dapat dilaksanakan melalui layanan BPJS Ketenagakerjaan, sehingga perlindungan bagi para pekerja dapat dilaksanakan. 

“Selain itu risiko kerja yang timbul juga dapat dialihkan kepada BPJS Ketenagakerjaan,” katanya. 

Sementara itu Ketua Umum Kadin Kalteng Tugiyo Wiratmodjo menyambut positif kerja sama ini. "Kami belum tahu detail tentang informasi santunan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan. Ternyata banyak juga manfaatnya,” katanya. 

Dia menyebut sebagai pengusaha tentu akan malu jika tidak mengikutsertakan pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Apalagi dana yang dikelola BPJS bisa bermanfaat untuk menggulirkan roda perekonomian nasional. 

Selain menjalin kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, Kadin Kalteng juga menggandeng Bank Kalteng, PT Jamkrida, dan BPJS Ketenagakerjaan. (p/ab)